Analisis Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut

Authors

  • Jejen Jenal Mutaqim Institut pendidikan Indonesia, Garut

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i3.95

Keywords:

Kemampuan berhitung, siswa SD, Tarogong Kaler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berhitung siswa kelas VI SD Negeri Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel, yaitu kemampuan berhitung siswa kelas VI SD Negeri. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VI SD Negeri Kecamatan Tarogong Kaler. Sampel sekolah dipilih secara purposive sampling setiap gugus di kepengawasan Korwil Kec. Tarogong Kaler. Karena terdapat lima gugus maka yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dari lima sekolah di Kec. Tarogong Kaler. Intrumen data yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi, rata-rata hitung, simpangan baku, dan presentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa kelas VI SD Negeri di Kecamatan Tarogong Kaler berada pada level rendah. Rata-rata nilai kemampuan berhitung siswa sebesar 38. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam bidang pendidikan agar dapat mencari cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berhitung di sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-05-20