Keputusan Childfree Pada Generasi Z Melalui Analisis Konten Media Sosial

Authors

  • Mohammad Isham Ghoisyafikih Jurianto Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mohammad Rasikhul Islam Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i3.92

Keywords:

Impresi, Teknologi, Gaya hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan mental, perilaku konsumsi, hubungan sosial, penyebaran informasi, dan produktivitas. Selain itu, penting untuk memperluas kerangka teori dengan mempertimbangkan teori-teori sosial, psikologis, atau budaya yang relevan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengaruh keputusan childfree pada generasi Z dalam konteks media sosial. Pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan upaya mencari data melalui pengamatan observasi terhadap beberapa platform internet yang menyuarakan childfree, wawancara dilakukan kepada narasumber atas keputusannya memilih childfree  dan data sekunder meliputi buku, jurnal dan penelitian terdahulu dengan teknik pengumpulan studi literatur dan analisis yang masih sinambung dengan topik yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan media sosial sedikit banyak mempengaruhi pandangan, sikap, dan keputusan individu untuk tidak memiliki anak (childfree). Pada generasi baru yang lebih terbuka untuk menyuarakan pendapatnya di ruang media sosial, sudah tak jarang ditemui  komunitas childfree disekeliling semakin menguatkan keputusan seseorang untuk childfree karena menganggap childfree bukan lagi hal yang tabu, karena setiap manusia memiliki hak atas dirinya sendiri. Dengan begitu dalam berinteraksi di media sosial penting bagi pengguna untuk lebih bijak memilah dan memilih informasi agar tidak melenceng akidah sebagai umat beragama.

Downloads

Published

2024-05-25