Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa pada Peserta Didik Kelas V Sdn 17 Limboto Kabupaten Gorontalo Serang

Authors

  • Fitri Yani King Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abd. Hamid Isa Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i2.88

Keywords:

Hasil Belajar, Video Pembelajaran, Kelas V SDN 17 Limboto.

Abstract

Media video pembelajaran menjadi salah satu alat yang digunakan dalam proses pembelajaran, terutama dalam subjek Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 peserta didik kelas V SDN 17 Limboto. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data aktivitas pendidik, data aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik.  Hasil penelitian pada observasi awal ada 8 orang peserta didik atau sebesar 32% selanjutnya, pada siklus I terjadi peningkatan dengan peserta didik yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum 75. Siklus I yang tuntas ada 17 orang dengan persentase 68% sedangkan pada siklus II, peserta didik yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan ada 23 dengan persentase 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SDN 17 Limboto. Dengan demikian, pendekatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efisien.

Downloads

Published

2024-02-25