Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn 2 Bengkalis

Authors

  • Nova Riska Safitri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Chanifudin Chanifudin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i2.82

Keywords:

Implementasi metode pembelajaran Example Non Example, Mahasiswa, Keaktifan Belajar, kolabisi antara guru dan siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Non-Example dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan relegius Islam dan SMPN 2 Bengkalis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek penelitian adalah metode pembelajaran Contoh Non Contoh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, sedangkan objek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Bengkalis. Sampel dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas VIII A di SMPN 2 Bengkalis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian tanggal yang diperoleh direkapitulasi dan dianalisis. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Contoh Non Contoh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan relegius Islam ad SMPN 2 Bengkalis adalah kategori baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan terhadap persentase Ya sebanyak 82,95% dan No 17,02%. Faktor pendukungnya adalah penggunaan media, kolabisi antara guru dan siswa, serta dukungan dan motivasi dari orang tua. Faktor penghambatnya adalah kebosanan dan kantuk pada siswa dan kurangnya kepercayaan diri pada siswa. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat SMP.

Downloads

Published

2024-02-25