Penerapan Simulasi Dalam Menganalisis Sistem Antrean pada Pelayanan Kefarmasian Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Medan

Authors

  • Chelsea Natali Lumban Gaol Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara
  • Parapat Gultom Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara
  • Esther Sorta Mauli Nababan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Romi Syahputra Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i1.30

Keywords:

Antrean, Skenario, Software Arena, Utilitas, Waktu Tunggu

Abstract

Rumah Sakit Advent Medan sebagai pelayanan kesehatan harus memerhatikan kualitas pelayanan termasuk pada pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien dalam menyediakan obat untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pada hasil pengamatan diperoleh bawa rata-rata waktu tunggu sebesar 0,7652 jam atau 45 menit. Sehingga menjadi suatu masalah bagi rumah sakit mengenai sistem antreannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan Rumah Sakit untuk memperbaiki waktu tunggu dalam antrean. Untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah melakukan analisis pada sistem pelayanan dengan menggunakan teori antrean dengan disiplin antrean First In First Out (FIFO) yang disimulasikan melalui software ARENA 16.0. Dari hasil simulasi model awal yang rata-rata waktu tunggu sebesar 0,7652 jam atau 45 menit dan utilitas atau tingkat kesibukan sebesar 97,42%. Dengan demikian dibuat simulasi model usulan perbaikan, skenario terpilih yaitu skenario 3 dengan menambahkan 3 pekerja untuk melayani dalam pembuatan obat dan dari hasil simulasi diperoleh rata-rata waktu tunggu sebesar 0,0847 jam atau 5 menit dan utilitas atau tingkat kesibukan sebesar 75,08% sehingga dapat terlihat perbedaan yang signifikan, banyak pasien yang datang dengan pasien yang keluar adalah sama, sehingga semua pelanggan dapat terlayani. Dapat dikatakan pada skenario 3 server tidak sibuk sehingga pelayanan yang diberikan dapat cepat dan baik membuat pasien merasa puas dan pelayanan dapat dikatakan optimal.

Downloads

Published

2023-11-25