Tindakan Kelas: Strategi, Gagasan dan Ide Menuju Arah Perubahan Pikiran, Sikap dan Perilaku Siswa dalam Kelas

Authors

  • Gustafdha Amril Makmur SMA Negeri 1 Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia

Keywords:

Tindakan, Strategi, Ide, Gagasan, Perubahan, Pikiran, Sikap dan Perilaku

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis Tindakan kelas melalui strategi, gagasan dan ide dari sekelompok Guru Kelas terhadap para siswa untuk mendapatkan perubahan pikiran, sikap dan prilaku positip siswa terhadap pelajaran. Penelitian Tindakan atau action research memiliki ruang lingkup yang lebih dari PTK, karena objek penelitian tindakan tidak hanya terbatas di dalam kelas, tetapi bisa di luar kelas, seperti sekolaah, organisasi, komunitas, dan masyarakat. Metode yang digunakan adalah Action research atau penelitian tindakan.  Penelitian tindakan adalah kajian sistemik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Analisis dan pembahasan terhadap konsep dan teori strategi, gagasan dan ide Tindakan sekelompok guru kelas terhadap para siswa memberikan fenomena kelas yang beragam serta menggambarkan respons yang berbeda-beda dari setiap siswa dari sebuah tindakan sekelompok guru kelas. Hasil yang diperoleh dari Research action ini adalah pertama: strategi, ide dan gagasan harus konsisten dilaksanakan sejak perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kelas. Kedua: Guru kelas dan sekelompok guru kelas harus dapat menguasai kelas baik secara emosional dan mental serta Spiritual. Ketiga: Tindakan kelas harus mempertimbangkan tempat dan waktu serta sumber daya kelas lainnya.

Downloads

Published

2023-05-23