Kesalahan Penafsiran Komunikasi, Sumber Daya Disposisi dan Struktur Birokrasi dalam Implementasi Kebijakan

Authors

  • Syarif Makmur Kementrian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Indonesia

Keywords:

Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi, Implementasi Kerja

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis konsep dan teori Implementasi Kebijakan George Edward III (1984) pada aspek Komunikasi, sumber daya, disposisi dan Struktur Birokrasi dalam Implementasi Kebijakan Kearsipan.Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dan merujuk beberapa hasil penelitian terkait Implementasi Kebijakan yang dijadikan referensi dalam melihat fenomena dan gejala arsip dan kearsipan dalam penyelenggaraannya di Indonesia. Analisis dan Pembahasan yang dilakukan terhadap konsep dan teori Implementasi Kebijakan menunjukkan bahwa dimensi Komunikasi, Sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi memegang peranan yang amat penting dan sangat menentukan terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan. Sebagaimana hasil Penelitian Disertasi Rahadian (2007), Melleng (2007) dan Djaenuri (2002) yang menyebutkan bahwa Komunikasi, Sumber daya, disposisi dan Struktur Birokrasi Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Implementasi Kebijakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, pertama: Komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sangat menentukan efektivitas Implemenasi Kebijakan Kearsipan. Kedua: dari Ke-4 (empat) Dimensi tersebut, maka factor Komunikasi menjadi penentu tertinggi dalam Implementasi Kebijakan Kearsipan. Ketiga: Keberhasilan dan efektivitas Implementasi Kebijakan Kearsipan sangat di pengaruhi oleh Komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur Birokrasi.

Downloads

Published

2023-05-23