Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian Kembali (Repurchase) Pada Pedagang Makanan Kaki Lima di Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.57096/lentera.v3i4.178Keywords:
Harga, Citra Pedagang, Lokasi, Lingkungan Fisik, Persepsi Nilai Gizi, Keputusan Pembelian Kembali, Makanan Kaki LimaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor harga, citra pedagang, lokasi, lingkungan fisik, dan persepsi nilai gizi terhadap keputusan pembelian kembali pada pedagang makanan kaki lima di Kabupaten Garut. Maraknya aktivitas konsumsi masyarakat terhadap makanan kaki lima mendorong pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen dalam melakukan pembelian ulang. Pendekatang yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden yang merupakan konsumen makanan kaki lima di berbagai titik wilayah Kabupaten Garut. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, citra pedagang, lingkungan fisik, dan persepsi nilai gizi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kembali sedangkan Lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kembali. Di antara kelima faktor tersebut, citra pedagang dan persepsi nilai gizi memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli kembali makanan dari pedagang kaki lima. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi para pelaku usaha makanan kaki lima untuk memperhatikan strategi harga, meningkatkan citra usaha, memilih lokasi strategis, menjaga lingkungan fisik tempat berjualan, serta memberikan informasi yang baik terkait nilai agizi makanan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vida Ayu Sahara, Irfan Nabhani, Minto Yuwon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.