Studi Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Pendampingan Orang Tua Bermain Bersama Anak

Authors

  • Fadilla Rizky Balqis Nainggolan Universitas Muhammadiyah
  • Suraya Aini Universitas Muhammadiyah
  • Diah Sekar Ayu Universitas Muhammadiyah
  • Almira Rahma Febrianti Universitas Muhammadiyah
  • Kartika Anggraeni Guritno Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v2i4.121

Keywords:

Pemahaman Orang Tua, Peran Bermain, Perkembangan Anak

Abstract

Bermain adalah tempat di mana anak-anak dapat menunjukkan segala bentuk tindakan yang menyenangkan dan tidak memaksa. Bermain awalnya dianggap sebagai aktivitas yang dipandang sebelah mata. Namun, dengan kemajuan teknologi dan dukungan penelitian terbaru, bermain sekarang menjadi kegiatan nomor satu bagi anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua melihat bermain bersama anak dan teori perkembangan anak, terutama tentang lingkungan keluarga, yang kami gunakan sebagai referensi. Metode yang digunakan yaitu Metode Kualitatif Literature Review Peran Orang Tua Dalam Bermain Anak Anak-anak akan memperoleh keterampilan baru melalui bermain, yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Menurut Vygotsky, pembelajaran terjadi disini karena interaksi sosial, atau ZPD, mendorong kemampuan anak. Namun, orang tua tidak memahami pentingnya bermain, yang merupakan salah satu faktor yang menghalangi aspek perkembangan pada anak usia dini. Orang tua saat ini hanya meminta anak untuk mempersiapkan diri untuk pendidikan selanjutnya karena mereka percaya bahwa bermain akan mengganggu proses belajar anak. Namun, keluarga adalah lingkungan utama yang dapat membantu perkembangan anak berkembang secara optimal.

Downloads

Published

2024-08-25