Pengaruh Strategi Pembelajaran Selima (Semangat Literasi Madrasah) dalam Meningkatkan Aktivitas Speaking Skills Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA 1 MAN 2 Deli Serdang Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Descriptive Text

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Negeri Jakarta Indonesia

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Aktivitas Speaking Skills, Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian di lakukan di MAN 2 Deliserdang. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan pembelajaran bahasa inggris di MAN 2 DELI SERDANG telah berjalan dengan baik, namun dari hasil ulangan harian pada saat mengajar atau praktik berbicara dalam bahasa inggris tentang Deskriptif Teks sebagian besar siswa belum bisa mengaplikasikan Speaking skills dengan menceritakan ulang atau mendeskripsikan sesuatu.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Tagart yang mana Kemmis mengembangkan modelnya berdasarkan system spiral refleksi yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi perencanaan kembali merupakan dasar untuk suatu rencana pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX dengan jumlah siswa 30 orang. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI yang memiliki rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris masih < dari 75 jika dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan  hasil angket bahwa respon siswa terhadap strategi pembelajaran SELIMA (Semangat Literasi Madrasah),pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Siswa juga tidak merasa tertekan atau terpaksa untuk membaca buku. Hal ini menjadi pacuan untuk kelas lain agar mencontoh siswa yang mengalami strategi pembelajaran SELIMA (Semangat Literasi Madrasah)

Downloads

Published

2023-02-27