Penggunaan Teknik Web Scraping dalam Aplikasi Pengambilan Data dari Google Maps untuk Menunjang Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.57096/lentera.v2i1.61Keywords:
Sistem Informasi, Web Scraping, Google Maps, Pemasaran Digital, WaterfallAbstract
Sistem informasi berperan dalam menunjang strategi pemasaran. PT XYZ memanfaatkan Sistem informasi dalam pemasaran digitalnya. Permasalahan pada PT XYZ pengambilan data pelanggan dari google maps masih dilakukan secara manual. Artikel ini membahas pembuatan aplikasi untuk mengambil data calon pelanggan dari google maps untuk keperluan pemasaran digital. Medote yang digunakan model air terjun (waterfall) dalam tahap pengembangan perangkat lunak karena pengaplikasiannya mudah dan sistematik Aplikasi yang dikembangkan merupakan aplikasi berbasis dekstop dibuat dengan pendekatan waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah aplikasi dapat berfugsi dengan baik dan dapat mengambil data dari google maps. Pengujian dengan black box menunjukkan penelitian ini telah sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan diawal.