Model Pemasaran Keripik Ubi Jalar di Mojokerto
Keywords:
Pemasaran, Keripik Ubi, SWOT, QSPMAbstract
Pelaku usaha di Mojokerto terkendala dalam memasarkan produk keripik ubi jalar pasca pandemi Covid-19 dan jangkauan pemasaran produk terbatas. Hal tersebut disebabkan karena promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut dan belum mampu mengikuti perkembangan teknologi digital marketing. Tujuan penelitian yaitu: (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal pada pemasaran keripik ubi jalar, (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran keripik ubi jalar, (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran keripik ubi jalar. Penelitian ini menggunakan analisis Matriks IE (Internal-External), Matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis matriks IE (Internal - External) bahwa pelaku usaha di Mojokerto berada di sel V dapat menerapkan strategi memertahankan dan menjaga. Berdasarkan 7 alternatif strategi didapatkan prioritas strategi dengan nilai daya tarik tertinggi sebesar 7,57 dengan menambah tenaga kerja bagian promosi keripik ubi jalar melalui digital marketing untuk menguasai pasar.