Menumbuhkan Kesadaran Aqidah Akhlak Materi Fungsi Iman kepada Rasul Untuk Kelas 7 Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta Melalui proses Pembelajaran yang Efektif

Authors

  • Annisa Rahma Universitas Ahmad Dahlan
  • Djamaluddin Perawironegoro Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.57096/lentera.v3i1.126

Keywords:

fungsi iman kepada para rasul, smp muhammadiyah, proses pembelajaran yang efektif

Abstract

Fenomena penurunan pada pengamalan integrtias karakter generasi muda semakin meningkat. Permasalahan tersebut diakibatkan praktik ketidakseimbangan pada terapan yang hanya mengacu pada kognitif saja tanpa melibatkan afektif dari peserta didik tersebut. Tujuan yang dicapai dalam penelitian berupa 1) proses pengimplementasian pembelajaran dari Aqidah akhlak yang terlaksana di kelas 7 SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, 2) efektivitas metode penerapan pembelajaran Aqidah akhlak dalam Kelas 7 SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, 3) pengetahuan dalam faktor dukungan hingga hambatan dalam pembelajaran Aqidah akhlak. Tujuan tersebut menjadi acuan peneliti untuk mengetahui lebih detail bahkan efektivitas dalam metode pembelajaran hingga hambatan yang dihasilkan pada praktik belajar selama ini di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode Kualitatif deskripsi. Hasil penelitian bisa menjadi masukan untuk pengembangan kurikulum atau strategi pembelajaran di sekolah Muhammadiyah, terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, kesimpulan ini Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, guru dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan aqidah dan akhlak siswa

Downloads

Published

2024-11-25