Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Pembelajaran Agama Islam ( Studi Kasus Di Mi Tarbiyatussibyan Cikarang )
DOI:
https://doi.org/10.57096/lentera.v2i4.114Keywords:
Efektivitas, pembelajaran PAI, Model Cooperative LearningAbstract
Seorang guru seyogyanya harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat bagi siswa. Penelitian terhadap siswa kelas 3 MI TARBIYATUSSIBYAN saat pembelajaran PAI bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan gambaran hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode cooperative learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas 3 MI TARBIYATUSSIBYAN Cikarang cukup tinggi setelah diterapkan metode cooperative learning. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode pembelajaran ini juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam pemahaman materi adalah 66,45(58,06%), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,64(83,87%).