Implementasi Pendidikan Moral dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa di Sd Dumas Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.57096/lentera.v2i3.103Keywords:
pendidikan moral, disiplin, karakterAbstract
Pendidikan moral bagi anak dimulai dari lingkungan keluarga, orang tua melalui proses sosialisasi norma dan aturan moral dalam keluarga dan lingkungan dengan pegaulan sosial anak atau teman sebaya. Anak yang faham akan pendidikan moral akan mempunyai karakter disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu penyelengaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai tujuan pendidikan nasional. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti menggunakan observasi dan waawancara serta subyek dari peneliti ini adalah siswa SD DUMAS Surabaya, empat indikator yang digunakan; kehadiran dan ketepatan waktu, kepatuhan terhadap aturan sekolah, prestasi akademik dan non akademik, serta perilaku dan sikap sosial. Kegiatan ini diterapkan melalui empat tahapah; penanaman nilai moral, penerapan nilai moral, pengawasan serta evaluasi nilai moral. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan moral cara yang relevan dan efektif dalam membentuk karakter siswa yang disiplin dan bertanggung jawab.